



BAHASA INGGRIS BAGI MAHASISWA MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN
FKIP
UNIVERSITAS BENGKULU
BAHASA INGGRIS BAGI MAHASISWA MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Oleh :
S A F N I L
fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
UNIVERSITAS BENGKULU
KATA PENGANTAR
Kemampuan membaca merupakan tulang punggung kegiatan suatu pendidikan, karena melalui membaca dapat membuka jendela dunia atau cakrawala pengetahuan. Bagi mahasiswa Perguruan Tinggi kegiatan membaca merupakan kegiatan utama dalam menimba ilmu karena mahasiswa dituntut untuk dapat mengusahakan sendiri proses belajar mengajar mereka terutama di luar ruangan kuliah. Apa bila seorang mahasiswa hanya tergantung pada informasi dari perkuliahan atau dari dosen saja maka dapat dipastikan ilmu yang diperoleh oleh mahasiswa tersebut akan sangat terbatas dan sangat sedikit dan sebagai akibatnya kualitas mahasiswa tersebut akan menjadi rendah walaupun dia dapat menyelesaikan studinya tepat waktu.
Seorang mahasiswa perguruan tingi di Indonesia sering harus membaca bahan bacaan yang diterbitkan dalam bahasa Inggris karena bahan bacaan yang diterbitkan dalam bahasa Indonesia sangat terbatas jumlahnya. Dalam beberapa topik perkualiahan malah bahan bacaan yang tersedia hanya yang diterbitkan dalam bahasa Inggris. Oleh sebab itu, seorang mahasiswa mau tidak mau harus menguasai bahasa Inggris terutama dalam keterampilan membaca dengan baik agar dapat membaca referensi berbahasa Inggris yang ditugaskan oleh dosen atau yang tersedia di perpustakaan. Dengan demikian referensi mahasiswa tersebut tidak hanya terbatas pada bahan yang berbahasa Indonesia saja tapi akan diperkaya dengan bahan bacaan berbahasa Inggris yang sangat banyak tersedia di perpustakaan maupun pada media internet.
Buku ‘Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa Magister Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Bengkulu’ ini diharapkan dapat membantu mahasiswa pasca sarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu dalam meningkatkan keterampilan mereka untuk membaca referensi berbahasa Inggris baik untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen maupun bahan bacaan tambahan dalam kegiatan belajar mandiri.
DAFTAR ISI
Halaman
1. BAB I: Kenapa Membaca Teks Berbahasa
Inggris Sulit
Kompetensi 1
Pengantar 1
Teks yang Mempunyai Terlalu Banyak Kata Sulit 3
Teks dengan Terlalu Banyak Kata Dalam Satu Frase 4
Teks dengan Beberapa Klausa dalam Satu Kalimat
Majemuk 7
Teks dengan Klausa Pada Posisi Sulit Dalam
Kalimat Induk 9
Teks yang Diikuti Pertanyaan Sulit 13
2. BAB II: Membaca Teks Berbahasa
Inggris Tanpa Menggunakan Kamus
Kompetensi 15
Pengantar 15
Menebak Definisi Kata Sulit atau Baru Secara
Kontekstual 16
Mengenal Pengungkapan Kembali dan Contoh 20
Mengenal Sinonim dan Antonim Secara Kontekstual 24
3. BAB III: Mengenal Inti Kata dan
Imbuhan Dalam Membaca Teks Berbahasa Inggris
Kompetensi 27
Pengantar 27
Mengenal Jenis Kata (Part of Speech) Dari Imbuhan 28
Menerka Arti Kata Dengan Mengenal Bentuk
Akhiran Kata 30
Mengenal Kata Dasar Untuk Meningkatkan
Penguasaan Kosa kata 36
4. BAB: Menganalisis Kalimat Untuk
Meningkatkan Kemampuan Membaca
Teks Berbahasa Inggris
Kompetensi 41
Pengantar 41
Mengenal Subjek, Kata Kerja dan Objek Kalimat 42
Mengenal Hubungan Kata Benda dan Kata Ganti
Kt. Benda 45
Mengenal Anak Kalimat dan Frase Melalui Kata
Penanda 49
Mengenal Ciri-Ciri Kalimat Aktif dan Pasif 53
5. BAB V: Menganalisis Kalimat Untuk
Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks
Berbahasa Inggris
Kompetensi 56
Pengantar 56
Kalimat-kalimat yang Mempunyai Arti Sama 57
Bagian-bagian Kalimat yang Mempunyai
Arti yang Sama 60
Menyederhanakan Kalimat Majemuk 60
6. BAB VI: Menganalisis Pola Paragraf
untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca
Teks Berbahasa Inggris
Kompetensi 64
Pengantar 64
Menentukan Topik dari Sebuah Paragraf 65
Menentukan Ide Utama (Main Idea) Dalam Sebuah
Paragraf 68
Menentukan Kalimat Topik (Topic Sentence) Dalam
Sebuah Paragraf 74
Mengenal Pola Pengembangan Sebuah Paragraf 77
7. BAB VII: Menganalisis Pola Paragraf
untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca
Teks Berbahasa Inggris
Kompetensi 83
Pengantar 83
Membagi Informasi Berdasarkan Subtopik 84
Membagi Informasi Berdasarkan Tingkat
Keumumannya 86
Membagi Informasi Berdasarkan Waktu, Tempat
dan Hubungan Sebab-Akibat 90
8. BAB VIII: Menganalisis Pola Abstrak Dalam
Bahasa Inggris
Kompetensi 97
Pengantar 97
Komponen yang Harus dan Dapat Ada Dalam
Abstrak 98
Kata-kata atau Kalimat yang Sering Dipakai
Dalam Abstrak 106
9. BAB IX: Pola Teks Artikel Ilmiah Penelitian Dalam
Bahasa Iggris
Kompetensi 110
Pengantar 110
Bagian-bagaian Dalam Artikel Ilmiah Penelitian 111
Tujuan Komunikatif IMRD 112
Pola CARS Dalam Bagian Pendahuluan 113
Kepustakaan 117
Lampiran-Lampiran 119
Tidak ada komentar:
Posting Komentar