
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS BENGKULU
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
KAMPUS FKIP UNIB JL. RAYA KANDANG LIMUN KOTA BENGKULU 38371A
TELEPON/FAKSIMIL 0736-21186
RENCANA PENUGASAN DAN EVALUASI
Mata Kuliah : Bahasa Inggris
Kode/Sks/Smt : BING/ setara 2 sks/ Semester I (pertama)
Prasyarat : -
Dosen Pengasuh : Prof. Safnil, MA., Ph.D..
Drs. Syahrial, MA., M.Phil.
Drs. Syafrizal, S. MA
A. RENCANA PENILAIAN
1. Jenis Penilaian
a. Kehadiran dan partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan
b. Penugasan kepada mahasiswa berupa:
1) Menganalisis teks berbahasa Inggris yang dicari sendiri berdasarkan aspek kata,
frase, kalimat dan paragraf; dan
2) Mengerjakan latihan-latihan yang terdapat dalam buku ajar
c. Ujian tengah semester (UTS)
d. Ujian akhir semester (UAS)
2. Pembobotan Nilai
No. | Aspek Yang Dinilai | Bobot Penilaian |
1. | Kehadiran dan partisipasi dalam kuliah | 10 % |
2. | Tugas | 20% |
3. | UTS | 30% |
4. | UAS | 40% |
Total pembobotan penilaian | 100% |
3. Cara Penilaian dan Indikator Kelulusan
Mahasiswa dianggap lulus mata kuliah Bahasa Inggris apabila telah mendapat nilai minimal 60 atau C sementara nilai untuk dicantumkan ditranskrip akan ditentukan oleh nilai ujian TOEFL khusus reading conprehension (membaca pemahaman) yang mereka peroleh. Penetapan nilai TOEFL untuk dicantumkan di transkrip/sertifikat adalah sebagai berikut:
A = betul 30 atau lebih dari 50 soal ujian
B = betul 20 atau lebih dari 50 soal ujian
B. RENCANA PENUGASAN
Mingu ke- | Kompetensi Dasar/ Tujuan Pembelajaran | Bentuk dan Butir Penugasan |
I | Mampu menjelaskan kenapa teks bahasa Inggris sulit dibaca serta menunjukkan contohnya | Tidak ada tugas |
II | Mampu memberikan contoh-contoh ciri teks bahasa Inggris yang sulit dibaca | Mencari sendiri teks berbahasa Inggris serta menandai bagian-bagian teks yang sulit dibaca serta penyebabnya. |
III | Mampu menjelaskan cara-cara menebak arti kata sulit dalam teks bahasa Inggris tanpa menggunakan kamus serta contoh-contohnya | Tidak ada tugas |
IV | Mampu menebak arti kata sulit dalam teks berbahasa Inggris tanpa menggunakan kamus | Mencari sendiri teks ilmiah berbahasa Inggris dan menebak arti kata sulit yang terdapat dalam teks tersebut secara kontekstual |
V | Mampu menganalisis kata bahasa Inggris dengan menentukan inti kata, jenis kata dan imbuhan-imbuhan yang terdapat pada kata tersebut | Tidak ada tugas |
VI | Dapat menebak arti kata sulit/baru bahasa Inggris dengan bantaun pengetahuan inti kata, jenis kata dan imbuhan | Mencari sendiri teks ilmiah berbahasa Inggris serta menebak arti kata sulit secara kontekstual dengan bantuan pengetahuan inti kata, jenis kata dan imbuhan yang ada. |
VII | Mampu menjelaskan bagian-bagian dan jenis kalimat dengan ciri-ciri linguistiknya serta contoh-contohnya. | Persiapan UTS |
VIII | Ujian Tengah Semester (UTS) dari bahan kuliah minggu I sampai dengan minggu VII. | |
IX | Mampu menganalisis kalimat berdasarkan bagian-bagiannya dari teks berbahasa Inggris yang disiapkan | Mencari sendiri teks ilmiah berbahasa Inggris dan menganalisisnya berdasarkan bagian-bagiannya serta ciri-ciri linguistiknya. |
X | Mampu menjelaskan ciri-ciri kalimat serta hubungannya dengan kalimat lain beserta contohnya | Tidak ada tugas |
XI | Mampu menentukan bentuk hubungan kalimat dengan kelimat lain dari teks berbahasa Inggris yang disiapkan | Mencari sendiri teks ilmiah berbahasa Inggris dan menentukan bentuk hubungan antar kalimatnya |
XII | Mampu menjelaskan bagian-bagian paragraf secara makro dari teks ilmiah berbahasa Inggris dan contoh-contohnya | Tidak ada tugas |
XIII | Mampu menentukan bagian-bagian paragraf secara makro dari teks berbahasa Inggris yang disiapkan | Mencari sendiri teks ilmiah berbahasa Inggris serta menganalisisnya berdasarkan bagian-bagian paragraf secara makro |
XIV | Mampu menjelaskan bagian-bagian paragraf secara mikro serta contoh-contohnya | Tidak ada tuas |
XV | Mampu menganalisis teks berbahasa Inggris berdasarkan bagian-bagian paragraf secara mikro dari teks yang disiapkan | Persiapan UAS |
XVI | Ujian Akhir Semester (UAS) dari bahan kuliah dari mingu I sampai dengan mingu XV. |
C. Sumber Bahasa Pelajaran
1. English Education Center (2001) Reading and Vovabulary, an unpublished material for TOEFL Preparatory Program.
2. Ramsay, W. R. (1986) Basic Skills for Academic Reading , New Jersey : Prentice Hall
3. Safnil (2006) Bahan Ajar ‘Bahasa Inggris Untuk Program Magister Manajemen Pendidikan Bahasa Indonesia ’, Universitas Bengkulu
4. Bahan bacaan lepas yang diambil dari media Internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar