Senin, 22 Agustus 2011

Cover of English for MMAP Students








S A F N I L


BAHASA INGGRIS BAGI MAHASISWA MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN



    

FKIP
UNIVERSITAS  BENGKULU
BAHASA INGGRIS BAGI MAHASISWA MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN





Oleh :




S A F N I L





fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
UNIVERSITAS BENGKULU

KATA PENGANTAR

            Kemampuan membaca merupakan tulang punggung kegiatan suatu pendidikan, karena melalui membaca dapat membuka jendela dunia atau cakrawala pengetahuan. Bagi mahasiswa Perguruan Tinggi kegiatan membaca merupakan kegiatan utama dalam menimba ilmu karena mahasiswa dituntut untuk dapat mengusahakan sendiri proses belajar mengajar mereka terutama di luar ruangan kuliah. Apa bila seorang mahasiswa hanya tergantung pada informasi dari perkuliahan atau dari dosen saja maka dapat dipastikan ilmu yang diperoleh oleh mahasiswa tersebut akan sangat terbatas dan sangat sedikit dan sebagai akibatnya kualitas mahasiswa tersebut akan menjadi rendah walaupun dia dapat menyelesaikan studinya tepat waktu.

            Seorang mahasiswa perguruan tingi di Indonesia sering harus membaca bahan bacaan yang diterbitkan dalam bahasa Inggris karena bahan bacaan yang diterbitkan dalam bahasa Indonesia sangat terbatas jumlahnya. Dalam beberapa topik perkualiahan malah bahan bacaan yang tersedia hanya yang diterbitkan dalam bahasa Inggris.  Oleh sebab itu, seorang mahasiswa mau tidak mau harus menguasai bahasa Inggris terutama dalam keterampilan membaca dengan baik agar dapat membaca referensi berbahasa Inggris yang ditugaskan oleh dosen atau yang tersedia di perpustakaan. Dengan demikian referensi mahasiswa tersebut tidak hanya terbatas pada bahan yang berbahasa Indonesia saja tapi akan diperkaya dengan bahan bacaan berbahasa Inggris yang sangat banyak tersedia di perpustakaan maupun pada media internet.

            Buku ‘Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa Magister Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Bengkulu’ ini diharapkan dapat membantu mahasiswa pasca sarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu dalam meningkatkan keterampilan mereka untuk membaca referensi berbahasa Inggris baik untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen maupun bahan bacaan tambahan dalam kegiatan belajar mandiri.



DAFTAR ISI

                                                                                                                                                                                     Halaman

1. BAB I: Kenapa Membaca Teks Berbahasa
    Inggris Sulit
     Kompetensi                                                                        1
     Pengantar                                                                           1
     Teks yang Mempunyai Terlalu Banyak Kata Sulit 3
     Teks dengan Terlalu Banyak Kata Dalam Satu Frase        4
     Teks dengan Beberapa Klausa dalam Satu Kalimat
Majemuk                                                                     7
     Teks dengan Klausa Pada Posisi Sulit Dalam
Kalimat Induk                                                             9
     Teks yang Diikuti Pertanyaan Sulit                                    13

2. BAB II: Membaca Teks Berbahasa
    Inggris Tanpa Menggunakan Kamus
     Kompetensi                                                                        15
     Pengantar                                                                           15
     Menebak Definisi Kata Sulit atau Baru Secara
Kontekstual                                                                 16
     Mengenal Pengungkapan Kembali dan Contoh                 20
     Mengenal Sinonim dan Antonim Secara Kontekstual       24

3. BAB III: Mengenal Inti Kata dan
    Imbuhan Dalam Membaca Teks  Berbahasa Inggris   
     Kompetensi                                                                        27
     Pengantar                                                                           27
     Mengenal Jenis Kata (Part of Speech) Dari Imbuhan        28
     Menerka Arti Kata Dengan Mengenal Bentuk
Akhiran Kata                                                              30
     Mengenal Kata Dasar Untuk Meningkatkan
Penguasaan Kosa kata                                                            36

4. BAB: Menganalisis Kalimat Untuk
    Meningkatkan Kemampuan Membaca
    Teks Berbahasa Inggris
     Kompetensi                                                                        41
     Pengantar                                                                           41
     Mengenal Subjek, Kata Kerja dan Objek Kalimat             42
     Mengenal Hubungan Kata Benda dan Kata Ganti
Kt. Benda                                                                   45
     Mengenal Anak Kalimat dan Frase Melalui Kata
Penanda                                                                      49
     Mengenal Ciri-Ciri Kalimat Aktif dan Pasif                      53

5. BAB V: Menganalisis Kalimat Untuk
    Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks
    Berbahasa Inggris
     Kompetensi                                                                        56
     Pengantar                                                                           56
     Kalimat-kalimat yang Mempunyai Arti Sama                    57
     Bagian-bagian Kalimat yang Mempunyai
Arti yang Sama                                                           60
     Menyederhanakan Kalimat Majemuk                                60

6. BAB VI: Menganalisis Pola Paragraf
untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca
Teks Berbahasa Inggris
     Kompetensi                                                                        64
     Pengantar                                                                           64
     Menentukan Topik dari  Sebuah Paragraf                          65
     Menentukan Ide Utama (Main Idea) Dalam Sebuah
Paragraf                                                                       68
     Menentukan Kalimat Topik (Topic Sentence) Dalam
Sebuah Paragraf                                                          74
     Mengenal Pola Pengembangan Sebuah Paragraf               77

7. BAB VII: Menganalisis Pola Paragraf
untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca
Teks Berbahasa Inggris
     Kompetensi                                                                        83
     Pengantar                                                                           83
     Membagi Informasi Berdasarkan Subtopik                       84
     Membagi Informasi Berdasarkan Tingkat
Keumumannya                                                            86
     Membagi Informasi Berdasarkan Waktu, Tempat
dan Hubungan Sebab-Akibat                                     90

8. BAB VIII: Menganalisis Pola Abstrak Dalam
Bahasa Inggris
     Kompetensi                                                                        97
     Pengantar                                                                           97
     Komponen yang Harus dan Dapat Ada Dalam
Abstrak                                                                       98
     Kata-kata atau Kalimat yang Sering Dipakai
Dalam Abstrak                                                            106

9. BAB IX: Pola Teks Artikel Ilmiah Penelitian Dalam
    Bahasa Iggris
    Kompetensi                                                                         110
    Pengantar                                                                            110
   Bagian-bagaian Dalam Artikel Ilmiah Penelitian                 111
   Tujuan Komunikatif IMRD                                                 112
   Pola CARS Dalam Bagian Pendahuluan                             113

Kepustakaan                                                                         117
Lampiran-Lampiran                                                            119

Tidak ada komentar:

Posting Komentar