Selasa, 23 Agustus 2011

English for MMAP Students: BAB 9

BAB IX

POLA TEKS ARTIKEL ILMIAH PENELITIAN DALAM BAHASA INGGRIS



1. Kompetensi
            Setelah mempelajari dan mengerjakan latihan-latihan dalam BAB IX ini diharapkan mahasiswa telah memiliki kompetensi sebagai berikut:

a) Pengetahuan tentang bagian-bagian yang terdapat pada sebuah artikel ilmiah penelitian;
b) Pengetahuan tentang subbagian-subbagian yang terdapat dalam sebuah artikel ilmiah penelitian;
c) Pengetahuan tentang frase-frase atau kalimat-kalimat yang dipakai untuk memulai bagian-bagian dan sub-subbagian dalam artikel ilmiah penelitian; dan
d) Keterampilan dalam memahami artikel ilmiah penelitian dalam bahasa Inggris.


2. Pengantar
Seorang mahasiswa magister (S2) seperti mahasiswa administrasi/manajemen pendidikan (MMP) FKIP Universitas Bengkulu harus mampu membaca artikel ilmiah penelitian dalam bahasa Inggris baik untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah, untuk menulis tesis atau sekedar menambah ilmu pengetahuan mereka tentang hasil-hasil penelitian dalam bidang pendidikan yang banyak tersedia dalam bahasa Inggris di media internet atau media cetak.  Apa bila mahasiswa magister (S2) dapat membaca artikel ilmiah penelitian maka mereka akan dapat memperkaya ilmu pengetahuan mereka tentang bidang ilmu yang mereka dalami sehingga kualitas mereka sebagai mahasiswa maupun sebagai Magister Pendidikan (MPd) setelah mereka tamat kuliah akan lebih baik.

3. Bagian-Bagian Dalam Artikel Ilmiah Penelitian
            Sebuah artikel ilmiah penelitian (AIP) pada umumnya terdiri atas empat bagian (section), yaitu: pengantar (introduction), metode (methods), hasil dan pembahasan (results and discussion), dan kesimpulan (conclusion). Menurut Bazerman (1984), berbeda dengan format sebelumnya sejak tahun 1980 hampir semua artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ditulis dengan format IMRD. Hasil penelitian ini dipertegas oleh Berkenkotter dan Huckin (1995) yang meneliti 350 artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang ilmu fisika, biologi dan sain umum. Menurut Berkenkotter dan Huckin, perobahan ini antara lain disebabkan oleh informasi tentang sain yang semakin banyak dan spesifik sementara waktu pembaca untuk membaca informasi ini semakin sedikit.
            Penelitian yang serupa dalam bidang ilmu sosial kuga penemukan hasil yang sama. Holmes (1997) dan Swales (1988), misalnya meneliti format artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal bidang ilmu sosial dan humaniti dan menemukan format IMRD sangat dominan. Begitu juga hasil penelitian Brett (1994) yang meneliti artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang ilmu sosiologi yang walaupun tidak sedominan seperti dalam bidang ilmu sain, format IMRD juga dominan ditemukan dalam artikel ilmiah yang dia teliti.
           
4. Tujuan Komunikatif IMRD
            Tujuan utama membagi artikel ilmiah hasil penelitian ke dalam bagian-bagian IMRD adalah agar pembaca terbantu dalam memahami informasi yang disampaikan dalam artikel tersebut dan untuk membantu pembaca untuk mencari bagian-bagian yang perlu dia baca kalau tidak akan membaca keseluruhan bagian artikel (Golebiouski, 1998). Sementera tujuan utama penulisan artikel ilmiah hasil penelitian tersebut, menurut Hunston (1994) adalah untuk meyakinkan pembaca bahwa tulisan tersebut penting, terpercaya, menarik dan oleh sebab itu perlu dibaca.
Menurut Hunston (1994), tujuan komunikatif khusus dari setiap bagian yang terdapat dalam artikel ilmiah hasil penelitian adalah sebagai berikut:

a) Pendahuluan : untuk meyakinkan pembaca bahwa penelitian yang telah dilakukan penting dan bermanfaat dengan dasar bahwa terdapat celah (gap) informasi dan pengetahuan tentang sebuah topik yang penting;
b) Metode          : untuk meyakinkan pembaca bahwa penelitian
    telah dilakukan dengan baik dengan
    menggunakan metodologi yang tepat, karena
    itu hasilnya dapaat dipertanggungjawabkan
    secara ilmiah (scientifically reliable).
c) Hasil              : untuk menginformasikan kepada pembaca ten-
    Penelitian        tang ringkasan data yang diperoleh melalui
    penggunaan instrumen penelitian untuk
    mendukung jawaban terhadap pertanyaan yang
    telah diajukan dalam rumusan masalah
    penelitian.
d) Pembahasan : untuk menghubungkan atau mengaitkan antara
   hasil penelitian yang diperoleh dengan literatur
   atau referensi yang ada sehingga kelihatan
   kontribusi ilmiah penelitian yang telah
  dilakukan terhadap pengetahuan yang ada
  selama ini tentang topik yang terkait.
e) Kesimpulan :


Kadang kala artikel jurnal hasil penelitian juga mempunya bagian ke lima yaitu, kesimpulan yang berisikan jawaban ringkas terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam rumusan masalah penelitian yang diajukan. Bagian ini juga sering diikuti oleh subbagian saran yang berisikan pendapat penulis/peneliti tentang apa tindaklanjut dari hasil penelitian yang telah dilakukan tersebut yang sebaiknya dilakukan oleh pihak-pihak yang terkait agar hasil penelitian tersebut bermanfaat secara aplikatif.

5. Pola ‘CARS’ Dalam Bagian Pendahuluan
            Bagian pendahuluan artikel ilmiah hasil penelitian merupakan bagian yang paling penting karena bagian ini yang biasanya dibaca paling awal dan kalau pembaca merasa tertarik dengan bagian tersebut maka dia akan melanjutkan membaca bagian-bagian lainnya dalam artikel tersebut. Sebaliknya kalau pembaca merasa tidak tertarik atau merasa tidak perlu maka mungkin dia tidak akan melanjutkan membaca artikel tersebut. Dengan kata lain, bagian pendahuluan ini berfungsi sebagai iklan untuk mempromosikan bagian-bagian lain dalam artikel tersebut.
            Dalam artikel ilmiah hasil penelitian dalam bahasa Inggris bagian pendahuluan ini ditulis dengan pola CARS (create a research space) (Swales, 1990). Dalam bagian pendahuluan yang memakai pola CARS ini, penulis berusaha meyakinkan pembaca bahwa penelitian yang telah dia lakukan adalah penting dan perlu tidak saja karena topiknya menarik, penting dan perlu tapi juga secara ilmu pengetahuan penelitian tersebut penting karena beberapa hal seperti: a) topik penelitian tersebut belum pernah diteliti, b) penelitian terdahulu belum berhasil menjawab semua pertanyaan atau menyelesaikan semua masalah, atau c) penelitian terdahulu mempunyai kelemahan atau kesalahan sehingga perlu diperbaiki atau dikoreksi dengan melakukan penelitian lanjutan. 
            Menurut Swales (1990), bagian pendahuluan dengan pola CARS mempunyai 3 sub-bagian atau Move, yaitu: Move A (menetapkan wilayah atau bidang kajian penelitian), Move B (menetapkan daerah khusus atau topik kajian), dan Move C (menggambarkan atau menguraikan kajian sendiri). Selanjutnya, Swales menjelaskan  bahwa dalam masing-masing Move terdapat pula beberapa langkah atau Step. Dalam Move A terdapat tiga langkah yang mungkin dipakai oleh penulis, yaitu: 1) membuat klaim sentral, 2) membuat generalisasi tentang bidang kajian, 3) meninjau hasil studi sebelumnya. Dalam Move B terdapat empat langkah yang mungkin digunakan oleh penulis, yaitu: 1) membuat sanggahan terhadap hasil penelitian orang lain terdahulu, 2) menunjukkan celah dalam literatur yang ada, 3) mengajukan pertanyaan, dan 4) meneruskan tradisi. Dalam Move C terdapat empat langkah yang mungkin digunakan penulis, yaitu 1) menyebutkan garis besar tujuan penelitian), 2) menyatakan studi yang sedang dilakukan, 3) menyebutkan temuan-temuan utama penelitian yang telah dilakukan, dan 4) menjelaskan struktur artikel).


                                     


Petunjuk:  Bacalah artikel ilmiah hasil penelitian yang disajikan pada lampiran 2 buku ini dan jawablah  pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Komponen apa saja yang terdapat dalam abstrak artikel tersebut?
2. Bagian-bagian apa saja yang terdapat dalam artikel tersebut (mengacu kepada pola IMRD and/or C)?
3. Analisislah bagian pendahuluan atau pengantar artikel tersebut sekali lagi dan tentukan langkah-langkah (Move) apa saja (mengacu pada CARS) yang terdapat dalam bagian tersebut?
4. Bacalah bagian metode (methods) dalam artikel tersebut dan tentukan pendekatan, metode, populasi dan sampel atau subjek penelitian, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data dan teknik pengolahan data yang dipakai.
5. Bacalah bagian hasil penelitian dan tentukan bagaimana data penelitian diringkas dan disajikan dan apakah penyajiannya komunikatif atau mudah dipahami?
6. Bacalah bagian pembahasan atau diskusi dalam artikel tersebut dan tentukan bagaimana penulis menghubungkan hasil atau temuan penelitiannya dengan literatur atau hasil penelitian orang lain terdahulu.
7. Bacalah bagian kesimpulan dan saran artikel tersebut dan lihat apakah kesimpulan telah menjawab semua rumusan masalah yang diajukan dan apakah sara-saran yang diajukan (kalau ada) berdasarkan temuan penelitian yang disajikan.
8. Lihatlah daftar pustaka yang disajikan dan tentukan apakah literatur yang dirujuk relevan dengan topik penelitian?; apakah literatur yang dirujuk mutakhir?; dan apakah literatur yang dipakai cukup memadai jumlahnya?
9. Secara keseluruhan apakah anda dapat memahami informasi-informasi penting dalam artikel tersebut?
10. Buatlah ringkasan artikel tersebut dalam bahasa Indonesia sepanjang lebih-kurang dua halaman ketik dua spasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar