Senin, 22 Agustus 2011

Syllabus English for MMAP Students








DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS BENGKULU
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
KAMPUS FKIP UNIB JL. RAYA KANDANG LIMUN KOTA BENGKULU 38371A
TELEPON/FAKSIMIL 0736-21186


RENCANA PENUGASAN DAN EVALUASI

                        Mata Kuliah                 : Bahasa Inggris
                        Kode/Sks/Smt              : BING/ setara 2 sks/ Semester I (pertama)
                        Prasyarat                      : -
                        Dosen Pengasuh           : Prof. Safnil, MA., Ph.D..
                                                              Drs. Syahrial, MA., M.Phil.
                                                              Drs. Syafrizal, S. MA
                                                             

A. RENCANA PENILAIAN
1. Jenis Penilaian
a. Kehadiran dan partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan
b. Penugasan kepada mahasiswa berupa:
            1) Menganalisis teks berbahasa Inggris yang dicari sendiri berdasarkan aspek kata,
                frase, kalimat dan paragraf; dan
            2) Mengerjakan latihan-latihan yang terdapat dalam buku ajar
c. Ujian tengah semester (UTS)
d. Ujian akhir semester (UAS)

2. Pembobotan Nilai

No.
Aspek Yang Dinilai
Bobot Penilaian
1.
Kehadiran dan partisipasi dalam kuliah
10 %
2.
Tugas
20%
3.
UTS
30%
4.
UAS
40%
Total pembobotan penilaian
100%

3. Cara Penilaian dan Indikator Kelulusan

            Mahasiswa dianggap lulus mata kuliah Bahasa Inggris apabila telah mendapat nilai minimal 60 atau C  sementara nilai untuk dicantumkan ditranskrip akan ditentukan oleh nilai ujian TOEFL khusus reading conprehension (membaca pemahaman) yang mereka peroleh. Penetapan nilai TOEFL untuk dicantumkan di transkrip/sertifikat adalah sebagai berikut:

A = betul 30 atau lebih dari 50 soal ujian
B = betul 20 atau lebih dari 50 soal ujian

B. RENCANA PENUGASAN

Mingu ke-
Kompetensi Dasar/
Tujuan Pembelajaran
Bentuk dan Butir Penugasan
I
Mampu menjelaskan kenapa teks bahasa Inggris sulit dibaca serta menunjukkan contohnya
Tidak ada tugas
II
Mampu memberikan contoh-contoh ciri teks bahasa Inggris yang sulit dibaca
Mencari sendiri teks berbahasa Inggris serta menandai bagian-bagian teks yang sulit dibaca serta penyebabnya.
III
Mampu menjelaskan cara-cara menebak arti kata sulit dalam teks bahasa Inggris tanpa menggunakan kamus serta contoh-contohnya
Tidak ada tugas
IV
Mampu menebak arti kata sulit dalam teks berbahasa Inggris tanpa menggunakan kamus
Mencari sendiri teks ilmiah berbahasa Inggris dan menebak arti kata sulit yang terdapat dalam teks tersebut secara kontekstual 
V
Mampu menganalisis kata bahasa Inggris dengan menentukan inti kata, jenis kata dan imbuhan-imbuhan yang terdapat pada kata tersebut
Tidak ada tugas
VI
Dapat menebak arti kata sulit/baru bahasa Inggris dengan bantaun pengetahuan inti kata, jenis kata dan imbuhan 
Mencari sendiri teks ilmiah berbahasa Inggris serta menebak arti kata sulit secara kontekstual dengan bantuan pengetahuan inti kata, jenis kata dan imbuhan yang ada.
VII
Mampu menjelaskan bagian-bagian dan jenis kalimat dengan ciri-ciri linguistiknya serta contoh-contohnya.
Persiapan UTS
VIII
Ujian Tengah Semester (UTS) dari bahan kuliah minggu I sampai dengan minggu VII.
IX
Mampu menganalisis kalimat berdasarkan bagian-bagiannya dari teks berbahasa Inggris yang disiapkan
Mencari sendiri teks ilmiah berbahasa Inggris dan menganalisisnya berdasarkan bagian-bagiannya serta ciri-ciri linguistiknya.
X
Mampu menjelaskan ciri-ciri kalimat serta hubungannya dengan kalimat lain beserta contohnya
Tidak ada tugas
XI
Mampu menentukan bentuk hubungan kalimat dengan kelimat lain dari teks berbahasa Inggris yang disiapkan
Mencari sendiri teks ilmiah berbahasa Inggris dan menentukan bentuk hubungan antar kalimatnya
XII
Mampu menjelaskan bagian-bagian paragraf secara makro dari teks ilmiah berbahasa Inggris dan contoh-contohnya
Tidak ada tugas
XIII
Mampu menentukan bagian-bagian paragraf secara makro dari teks berbahasa Inggris yang disiapkan
Mencari sendiri teks ilmiah berbahasa Inggris serta menganalisisnya berdasarkan bagian-bagian paragraf secara makro
XIV
Mampu menjelaskan bagian-bagian paragraf secara mikro serta contoh-contohnya
Tidak ada tuas
XV
Mampu menganalisis teks  berbahasa Inggris berdasarkan bagian-bagian paragraf secara mikro dari teks yang disiapkan
Persiapan UAS
XVI
Ujian Akhir Semester (UAS) dari bahan kuliah dari mingu I sampai dengan mingu XV.

C. Sumber Bahasa Pelajaran

1.      English Education Center (2001) Reading and Vovabulary, an unpublished material for TOEFL Preparatory Program.

2.      Ramsay, W. R. (1986) Basic Skills for Academic Reading, New Jersey: Prentice Hall

3.      Safnil (2006) Bahan Ajar ‘Bahasa Inggris Untuk Program Magister Manajemen Pendidikan Bahasa Indonesia’, Universitas Bengkulu

4. Bahan bacaan lepas yang diambil dari media Internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar